Selasa, 04 September 2012

Dana Hibah dan Bansos Rp 22 M Th.2013










CILEGON – GN
Tahun 2013 mendatang Pem­kot memproyeksikan anggaran hibah dan bantuan sosial sebesar Rp 23,4 miliar. Ang­garan tersebut tertuang dalam Prioritas Pla­fon Anggaran Sementara (PPAS) 2013. Ang­garan ini dialokasikan pada bos belanja tidak langsung dengan perincian alokasi be­lanja hibah sekira Rp 9,9 miliar dan bantuan sosial Rp 13,5 miliar.
Sayang, belum diketahui pasti berapa ba­nyak lembaga atau kelompok masyarakat yang menerima dua alokasi anggaran tersebut. “Penerimanya banyak, saya tidak hapal. Tapi kalau sudah tertuang di KUA-PPAS biasanya penerimanya sudah di­tentukan,” kata Ketua Harian Badan Ang­garan DPRD Cile­gon Adad Musadad, kemarin.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kes­ra) Setda Pemkot Cilegon Daih Dar­mawan menjelaskan, mekanisme pemberian bansos dan hibah per 2012 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ini lantaran adanya Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Bansos dan Hibah.
Tahun ini, usulan proposal yang sudah ma­suk baru bisa dilaksanakan pada APBD Pe­rubahan mendatang. Ini karena proposal yang masuk di Bagian Kesra perlu didisposisi Wali­kota ke SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait. “SKPD kemudian melakukan verifikasi berapa layaknya dibantu. Lalu SKPD terkait memberikan rekomendasi ke tim asistensi anggaran Pemkot dan merekap usulan-usulan itu,” jelasnya.
Setelah direkap, lanjutnya, baru usulan-usu­lan tersebut diajukan ke Badang Ang­garan DPRD Cilegon untuk disetujui atau tidak usulan anggaran yang diberikan. “Di De­wan bisa saja usulannya dikurangi. Kalau su­dah disetujui pada APBD Perubahan, baru bisa dicairkan di DPPKD (Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah),” ungkapnya.
Kepala DPPKD Cilegon Septo Kalnadi pun mengaku tidak mengetahui pasti berapa lem­baga penerima hibah dan bansos 2013 men­datang. “Biasanya di KUA-PPAS sudah ada penerimanya. Kalau APBD-nya sudah di­ketok palu baru bisa kita sampaikan para penerimanya,” ujarnya.(*rb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar